ASPEK KEMAHASISWAAN dan LULUSAN

Sistem Penerimaan Calon Mahasiswa Baru dilakukan secara terintegrasi bersama Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) tingkat Provinsi di bawah Bidang SDMK Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. Penetapan lulusan dilakukan oleh Panitia Tingkat Provinsi dan diketahui oleh Bupati Kotawaringin Timur sebagai pemangku kepentingan.

Dalam rekrutmen mahasiswa baru, Akper Pemkab Kotim memberikan quota 20 % untuk seleksi regional. Seleksi regional ini memberikan kesempatan bagi putra daerah di beberapa kecamatan yang tertinggal, minim tenaga kesehatan atau kecamatan yang baru terbentuk/berkembang sehingga peluang untuk lulus seleksi menjadi lebih besar sebab mereka berkompetisi dengan sesama calon peserta didik dari wilayah yang sama. Dengan kebijakan ini diharapkan setelah lulus mereka dapat kembali ke daerahnya dan membangun daerahnya sendiri di bidang kesehatan.

Dalam seleksi calon mahasiswa baru tahun 2011 jumlah pendaftar sebanyak 167 orang dan yang diterima sebanyak 100 orang. Salah satu kebijakan dalam sipenmaru 2011 adalah adanya quota seleksi regional sebanyak 20 % khusus bagi warga kecamatan yang terisolasi dan masih kekurangan tenaga kesehatan. Berdasarkan data diatas dapat dihitung rasio penerimaan mahasiswa untuk sipenmaru 2011 adalah 167/100 atau 1,67 : 1. Hal ini masih jauh dari target yang diinginkan yaitu > 4 : 1. Sedangkan keterwakilan mahasiswa yang diterima dari kecamatan adalah 100 % (seluruh kecamatan terwakili).

Prosentase kelulusan mahasiswa tahun 2011, dari 87 peserta didik, yang berhasil wisuda tepat waktu sebanyak 76 orang. Dengan demikian tingkat kelulusan pada tahun 2011 adalah (76/87) x 100 % = 87,36 %. Alasan-alasan yang membuat angka ini tidak mencapai 100 % antara lain : 1) Tidak lulus mata kuliah baik akibat kurangnya kehadiran maupun nilai belum mencapai batas lulus setelah mengikuti 2 kali HER; 2) Belum lulus praktek klinik.

Pada tahun 2012 jumlah pendaftar sebanyak 155 orang dan yang diterima adalah 100 orang (rasio penerimaan adalah 1,55 : 1) dan seleksi regional masih berlangsung. Jumlah lulusan tahun 2012, dari 92 orang peserta didik yang berhasil lulus sebanyak 80 orang dan 12 orang masih berproses. Alasan keterlambatan adalah belum menyelesaikan tugas-tugas dan belum lulus beberapa mata kuliah.

Adapun data jumlah mahasiswa reguler dalam 5 tahun terakhir adalah sebagai berikut :

Tabel 1

Jumlah mahasiswa reguler sejak tahun akademik 2007/2008 – 2011/2012

Tahun Masuk

Jumlah Mahasiswa Reguler per Angkatan Pada Tahun

Jumlah lulusan sampai dengan 2012

2007/2008

2008/2009

2009/2010

2010/2011

2011/2012

2008

(a)   = 60 57 54 2 (b)   = 1 (c)   = 54

2009

  90 82 82 17 76

2010

    (d)   = 100 87 (e)   = 86 (f)    = 80

2011

      100 94  

2012

        100  

Tabel 2

Jumlah seluruh mahasiswa kelas reguler dan lulusannya

Sejak tahun 2007-2012

Tahun Akademik

Daya Tampung

Jumlah Calon Mahasiswa Reguler

Jumlah Mahasiswa Baru

Jumlah Total Mahasiswa

Jumlah Lulusan

Ikut Seleksi

Lulus Seleksi

Reg

Trans

Reg

Trans

Reg

Trans

2007/2008

60

187

60

60

189

84

2008/2009

90

181

90

90

207

82

2009/2010

100

165

100

100

236

71

2010/2011

100

167

100

100

271

65

2011/2012

100

190

100

100

298

80

2012/2013

100

155

100

100

307

Seiring dengan ditetapkannya Akper Pemkab Kotim menjadi BLUD, maka ada keinginan untuk meningkatkan partisipasi masuk perguruan tinggi bagi masyarakat kurang mampu untuk memperoleh pendidikan keperawatan dan menambah quota seleksi regional serta meningkatkan upaya-upaya untuk meluluskan mahasiswa yang berkualitas dan dapat diterima di pasaran. Rencana ini akan dimulai pada tahun 2013 sambil menyesuaikan dengan situasi/kondisi yang berkembang pada saat itu.

Adapun bentuk kegiatan pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa dapat dilihat pada tabel 3 berikut ini :

Tabel 3

Bentuk pelayanan kepada mahasiswa dan hasilnya

No

Jenis Pelayanan Kepada Mahasiswa

Bentuk Kegiatan, Pelaksanaan  dan Hasilnya

1

Bimbingan dan Konseling Bentuk kegiatan dan pelaksanaan :

–          Konsultasi masalah-masalah yang berkaitan dengan perkuliahan dengan dosen yang dianggap dapat dipercaya oleh mahasiswa. Kegiatan ini belum terstruktur

–          Konsultasi dosen wali/PA

–          Konsultasi asuhan keperawatan/Konsultasi laporan praktek klinik

–          Konsultasi bimbingan tugas akhir/KTI

–          Pendampingan saat mengikuti lomba

Hasil :

–          Penyelesaian masalah dan manajemen stress

–          Rencana perkuliahan dan KRS

–          Laporan Praktek Klinik

–          KTI

–          Juara

2

Minat dan Bakat (ekstra kurikuler) Bentuk Kegiatan dan pelaksanaan :

–          Penyediaan fasilitas alat band 1 set

–          Unit Sukarela Satgana

–          PMI

–          Tim volley putra putri

–          Tim badminton putra putri

–          Tim futsal

–          Tim tenis meja

–          Vocal grup

–          Paduan suara

Hasil :

–          Juara

–          Kepuasan mahasiswa

–          Terlaksananya berbagai perlombaan dalam rangka Dies Natalis

3

Pembinaan soft skill Bentuk kegiatan dan pelaksanaan :

–          Pengajian dan bimbingan rohani

–          Penanaman motivasi oleh dosen setiap kali masuk kuliah

–          Role model dosen untuk perilaku akademik

–          Pemeriksaan kelengkapan atribut kemahasiswaan dan kebersihan diri/kerapihan

–          Teguran atas perilaku yang tidak dapat diterima

Hasil :

–          Meningkatnya interaksi mahasiswa-dosen, sesama mahasiswa dan sesama dosen secara memuaskan

–          Perbaikan penampilan / performance mahasiswa

–          Meningkatnya harga diri mahasiswa secara subyektif

–          Meningkatnya rasa kecintaan terhadap profesi dan almamater

4

Beasiswa Bentuk kegiatan dan pelaksanaan :

–          Pembebasan SPP selama 1 semester bagi mahasiswa yang berprestasi (IP lebih dari 3,5)

Hasil :

–          Mahasiswa berlomba mencapai prestasi akademik

5

Kesehatan Bentuk kegiatan dan pelaksanaan :

–          Bantuan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan herbal / acupuncture gratis bagi mahasiswa di Klinik Zahra

–          Asuransi jiwa

–          Konseling asuransi dan perencanaan keuangan

Hasil :

–          Deteksi dini dan penanganan dini terhadap gangguan kesehatan

–          Asuransi Mahasiswakoe dari AJB Bumi Putera bagi mahasiswa yang akan praktek ke luar daerah

–          Asuransi mandiri mahasiswa dengan Produk PAA dari Prudential

Pelayanan lain terhadap mahasiswa dari segi administratif, misalnya : surat keterangan masih kuliah, surat keterangan lulus, dll. Prestasi yang pernah dicapai oleh mahasiswa Akper Pemkab Kotim, adalah :

Tabel 4

Prestasi yang pernah diraih oleh mahasiswa sejak 2007-2012

No

Nama Prestasi/Penghargaan/Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan

Tingkat

Prestasi yang Dicapai

1

Juara Pawai Budaya dalam rangka HUT Kotim ke 54 (Piala) tahun 2007

 

Kabupaten Kotim Juara I

2

Juara Dies Natalis Akper Pemkab Kotim  tahun 2008 Provinsi Kalimantan Tengah Juara II Volley ball putra

Juara II Volley ball putri

Juara III Volley ball putra

Juara I cerdas cermat

Juara III cerdas cermat

3

Juara seni qasidah rebana kolaborasi dalam rangka MTQ ke 7 Tingkat Kabupaten Katingan tahun 2010

 

Kabupaten Katingan Juara II

4

Juara Putra-Putri Pariwisata tahun 2010 Kabupaten Kotim Juara I Putri

Juara I Putra

Juara III Putra

 

4

Juara Kegiatan HUT RI ke 66 September 2011 Kabupaten Kotim Juara II Kelompok sepeda hias

Juara II Unjuk Bakat Kategori Solo

5

Juara Duta Taruna KB tahun 2012 Kabupaten Kotim

 

Provinsi Kalimantan Tengah

Juara I Putra

Juara I Putri

 

Juara II Putra

Juara II Putri

Semua prestasi yang diraih oleh mahasiswa ini dicapai melalui berbagai event yang diselenggarakan. Mahasiswa yang berprestasi ini diberikan kesempatan untuk menjadi pembicara dalam acara PPS dalam sesi motivasi maupun tampil dalam acara wisuda. Dengan penghargaan semacam ini diharapkan memberikan motivasi kepada mahasiswa lain untuk berprestasi di segala bidang. Selain itu juga ada beberapa mahasiswa yang dengan kesadaran sendiri membentuk grup-grup peminatan sejenis, misalnya kelompok penggemar fotografi dan kelompok pekerja agen asuransi. Kegiatan yang mereka lakukan ini bukan hanya mengisi waktu luang dan mengembangkan minat dan bakat, tetapi juga mampu menghasilkan benefit bagi mahasiswa.

Adapun upaya-upaya yang sudah dilakukan pengelola untuk memasarkan lulusan kepada pengguna, adalah :

Tabel 5

Upaya pemasaran lulusan kepada pengguna

No

Jenis Upaya

Keterangan

1

Memberikan informasi tentang kesempatan bekerja di berbagai instansi pemerintah/swasta kepada mahasiswa atau lulusan Dengan menempelkan pengumuman formasi pegawai di Klinik Kesehatan Perusahaan Besar Sawit pada papan pengumuman.

2

Membentuk wadah untuk mengumpulkan informasi tentang kesempatan kerja dan membantu lulusan memperoleh pekerjaan Dosen dikirimkan ke Disnakertrans Provinsi untuk dilatih melaksanakan Bursa Kerja Khusus, tetapi karena terjadi pergantian pimpinan BKK ini belum sempat berjalan. Saat ini (2012) sedang dikembangkan kembali.

3

Mengundang pihak yang memerlukan tenaga lulusan ke kampus untuk memberikan penjelasan tentang kesempatan kerja Dalam kegiatan wisuda undangan dikirimkan ke PBS-PBS di sekitar wilayah Kotim dengan harapan bisa mengamati profil lulusan dan berinteraksi langsung dengan lulusan.

Dalam kesempatan ini juga beberapa PBS ada yang mengirimkan ucapan selamat kepada wisudawan, sebagai apresiasi terhadap lulusan dan kampus akper pemkab kotim.

4

Menawarkan kepada pihak-pihak yang dianggap memerlukan tenaga lulusan Bantuan Fasilitasi Pengurusan Kartu Pencari Kerja bagi lulusan sehingga dapat langsung ditawarkan oleh Disnakertrans ke Lembaga yang membutuhkan tenaga
5 Kerjasama antara pihak pengguna lulusan dengan kampus Sedang dirintis upaya pengiriman Perawat ke LN melalui Dinas Kesehatan Provinsi

 

Saat pemutakhiran data Evaluasi Diri ini dibuat (Desember 2012) Bagian Lit-Bang sudah melakukan studi deskriptif tentang lulusan terhadap kinerja alumni yang bekerja di wilayah Kabupaten Kabupaten Kotawaringin Timur. Metode survei sederhana menggunakan angket dibagikan kepada Kepala Ruangan di RSUD dr. Murjani Sampit untuk mendapatkan masukan tentang penilaian mereka terhadap lulusan. Ruangan yang dilakukan evaluasi antara lain : UGD, kamar operasi, ICU, Ruang Perawatan Bedah, Ruang Perawatan Penyakit Dalam, Ruang VIP Mawar, Ruang VIP Anggrek, Ruang Melati, Ruang Anak, Ruang Perinatologi, dan VVIP Melati. Ringkasan hasil penilaian tersebut tergambar pada tabel 6 sebagai berikut :

Tabel 6

Hasil evaluasi lulusan menurut Kepala Ruangan dan Ketua Tim Perawatan

di RSUD dr. Murjani Sampit, Desember 2012

No.

Jenis Kemampuan

Tanggapan Pihak Pengguna

Rencana Tindak Lanjut oleh Program Studi

Sangat Baik

Baik

Cukup

Kurang

(%)

(%)

(%)

(%)

 

 

 

 

 

 

 

1 Integritas (etika dan moral)

21,57

70,58

7,85

0

Dipertahankan dengan kegiatan spiritual, misal pengajian, peringatan hari besar keagamaan dan memberikan  keteladanan serta penanaman soft skill sejak dini di kampus
2 Keahlian berdasarkan bidang ilmu (kompetensi utama)

19,61

52,94

27,45

0

mengembangkan kurikulum dan metode-metode belajar pada beberapa mata kuliah (yang sudah berjalan : Kep. Jiwa dan KGD
3 Bahasa Inggris

0

15,7

33,33

51

Optimalisasi pembelajaran bahasa inggris dan utilisasi laboratorium bahasa serta pelatihan dosen bahasa inggris
4 Penggunaan teknologi informasi

7,85

45,1

41,17

5,88

Mata Kuliah komputerisasi Keperawatan
5 Komunikasi

15,69

74,51

9,80

0

Dipertahankan dengan membiasakan kemampuan kominikasi secara sistematis dan jelas dengan bahasa yang tidak ambigu sejak dari kampus.
6 Kerjasama tim

23,52

68,63

7,85

0

Latihan penugasan dan mencari desain-desain baru untuk format Pengenalan Program Studi (PPS)
7 Pengembangan diri

13,72

68,63

17,65

0

Pemahaman profesi secara menyeluruh dan peluang-peluang karir keperawatan sejak PPS sampai setiap pertemuan di MK Keperawatan.

Total

(a)

101,96

(b)

396,09

(c)

145,1

(d)

56,88

 

Berdasarkan hasil evaluasi diatas maka dapat dirumuskan profil lulusan Akper Pemkab Kotim, sebagai berikut :

  1. Mampu menjalin komunikasi dengan baik (74,51 %)
  2. Memiliki integritas etika dan moral yang baik (70,58 %)
  3. Mampu bekerjasama dalam tim (68,63 %)
  4. Mampu mengembangkan diri (68,63 %)
  5. Memiliki keterampilan keperawatan yang cukup baik (52,94 %)
  6. Kurang pandai berbahasa Inggris (51 %)
  7. Cukup baik dalam menguasai teknologi informatika (45,1 %)

Untuk semakin mengembangkan kemampuan mahasiswa yang berbasis keunggulan lokal, maka dibekalkan keahlian khusus kepada mahasiswa melalui muatan lokal MK Complementery Nursing (MK yang berisi kemampuan penggunaan herbal untuk terapi), MK Komputerisasi (MK yang membekalkan kemampuan komputer). Selain itu pada MK Kegawat Daruratan ditambah muatan lokal 1 SKS. Secara periodik setiap pelaksanaan PKL desa Binaan Akper Pemkab Kotim bekerja sama dengan Puskesmas setempat untuk melakukan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan, serta sirkumsisi bagi anak-anak yang kurang mampu. Tim Akper Pemkab Kotim juga seringkali diundang untuk menjadi tenaga relawan dalam kegiatan sirkumsisi massal di beberapa tempat (dokumentasi poto terlampir).

Berdasarkan data rekapitulasi tenaga kesehatan dari Bagian Kepegawaian Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur, lulusan Akper Pemkab Kotim sudah menyebar dan ada di tiap-tiap Puskesmas di seluruh kecamatan. Jumlah lulusan dari program reguler di masing-masing Puskesmas adalah :

  1. Puskesmas Tumbang Penyahuan                                 :  3 orang
  2. Puskesmas Cempaka Mulia                                            :  6 orang
  3. Puskesmas Pundu                                                            :  3 orang
  4. Puskesmas Parenggean I                                                :  4 orang
  5. Puskesmas Parenggean II                                               :  1 orang
  6. Puskesmas Tumbang Sangai                                         :  9 orang
  7. Puskesmas Kuala Kuayan                                              :  9 orang
  8. Puskesmas Tumbang Kalang                                         :  4 orang
  9. Puskesmas Kota Besi                                                       :  7 orang
  10. Puskesmas Baamang I                                                     :  1 orang
  11. Puskesmas Baamang II                                                    :  2 orang
  12. Puskesmas Pasir Putih                                                    :  1 orang
  13. Puskesmas Sebabi                                                            :  3 orang
  14. Puskesmas Ketapang I                                                     :  0
  15. Puskesmas Ketapang II                                                    :  3 orang
  16. Puskesmas Ujung Pandaran                                          :  6 orang
  17. Puskesmas Bagendang                                                   :  4 orang
  18. Puskesmas Samuda                                                         :  9 orang
  19. Puskesmas Mentaya Seberang                                      :  12 orang

TOTAL                                                                                  :  87 orang

Evaluasi menyeluruh terhadap kinerja lulusan yang bekerja di perkebunan dan di luar Kabupaten Kotim belum dapat dilaksanakan sebab keterbatasan waktu dan kesempatan bertemu dengan para alumni. Namun demikian pelacakan terhadap kemampuan kerja alumni, masalah-masalah yang dialami dalam dunia kerja secara tidak langsung masih dapat ditelusuri melalui situs-situs jejaring sosial yang dikelola. Rata-rata lamanya waktu tunggu lulusan lima tahun terakhir untuk memperoleh pekerjaan yang pertama adalah antara 4 – 6 bulan. Secara umum tempat kerja lulusan Akper Pemkab Kotim bervariasi. Sebagian besar bekerja di sektor pelayanan kesehatan formal (RSUD dr. Murjani sebagai PNS dan Pegawai Honor, Puskesmas/Pustu sebagai PNS dan Pegawai Honor), sektor pelayanan kesehatan swasta (di Perkebunan Besar Sawit sebagai Koordinator dan Staf Klinik, di Pertambangan Batu Bara sebagai Koordinator Klinik dan Staff di Klinik Zahra), Perbankan (sebagai staff di BNI 46 dan BRI), Perasuransian (sebagai staff administrasi di PT. Askes dan agen Asuransi di PT. Prudential Life Assurance)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s