PENJAMINAN MUTU AKPER PEMKAB KOTIM

Untuk keabsahan dan pengakuan terhadap mutu lulusan maka Akper Pemkab Kotim melakukan upaya-upaya penjaminan aspek legal dan kualitas penyelenggaraan berdasarkan sumber-sumber yang tersedia. Pembinaan Akper Pemkab Kotim dilakukan oleh Pemda Kotim dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. Pemda Kotim menyediakan tenaga pengelola dan pengajar sedangkan administrasi keakademikan langsung ke Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya, antara lain SK Penetapan Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru dan Jadwal Sipenmaru, SK Penetapan Peserta Sipenmaru yang lulus Uji Tulis dan Uji Kesehatan, SK Penetapan Mahasiswa Baru dan Nomor Induk Mahasiswa, SK Panitia Penguji dan Peserta Ujian Akhir Program, SK Penetapan Lulusan serta surat-menyurat untuk permintaan blanko ijazah serta registrasinya.

Sampai saat ini (Nopember 2012) proses ini masih terus berjalan di Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya. Adapun Ijazah bagi lulusan tahun 2012 masih diterbitkan oleh Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Kementrian Kesehatan RI berikut dengan registrasinya. Adapun izin penyelenggaraan pendidikan yang masih berlaku saat ini adalah SK Menteri Kesehatan RI nomor HK.03.01/I/II/4/01571/2011 tanggal 28 Maret 2011. Izin ini berlaku sampai mahasiswa baru tahun ajaran 2012/2013 menyelesaikan studinya. Untuk seterusnya dilakukan alih bina dari Kementrian Kesehatan kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Adapun penjaminan mutu terhadap kualitas penyelenggaraan Akper Pemkab Kotim dilakukan dengan pelaksanaan akreditasi oleh Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (Pusdiknakes). Strata akreditasi terakhir yang pernah diperoleh adalah Strata B dengan nilai 80,03 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Depkes RI nomor HK.00.03.2.2.01549 tentang Penetapan Strata Akreditasi Akper Pemerintah Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah Kode Institusi : 62022001D.

Program monitoring dan evaluasi terhadap proses belajar mengajar mulai tahun 2009 dilakukan oleh Unit Penelitian/Pengembangan dan pengabdian Masyarakat dengan melakukan studi observasi dan survei. Pada 2012 Akper Pemkab Kotim membentuk organisasi internal satuan pengendali mutu dengan SK Direktur Nomor DL.02.02.338/AKPER/X/2012 tanggal 23 Oktober 2012, yang diharapkan dapat mendorong terbangunnya sistem penjaminan mutu (quality assurance) penyelenggaraan pendidikan yang lebih luas.

Indikasi tentang dampak hasil evaluasi program terhadap pengalaman dan mutu dari pembelajaran yang dilakukan mahasiswa dapat dilihat berdasarkan indikator-indikator berikut :

1)    Evaluasi Struktur :

–          Kurikulum yang berlaku dan kesesuaiannya trend perkembangan terkini dalam dunia keperawatan serta tuntutan dunia kerja

–          Silabus dan SAP

–          Alat bantu belajar mengajar/media dan metode yang digunakan dalam belajar mengajar

–          Sistem penugasan

–          Program kerja akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat yang tergambar dalam kaender akademik

–          Peraturan perundangan dan peraturan internal penyelenggaraan pendidikan

–          Kondisi sarana belajar-mengajar

–          Jumlah dan kualifikasi dosen

–          Dokumen perencanaan dan penganggaran

2)    Evaluasi Proses :

–          Absensi kehadiran mahasiswa dan dosen

–          Evaluasi tengah dan akhir semester mengenai kemajuan belajar (hasil pembelajaran)

–          Monitoring kehadiran dosen dan materi pengajaran dosen

–          Monitoring mahasiswa dalam mengikuti seminar kasus.

–          Evaluasi kegiatan pembimbingan oleh dosen pembimbing pada kegiatan praktek mahasiswa di rumah sakit/puskesmas.

–          Evaluasi dosen oleh mahasiswa

–          Tingkat penyerapan anggaran untuk menunjang penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi

3)    Evaluasi Hasil/Dampak :

–          Evaluasi alumni terhadap pembelajaran

–          Evaluasi alumni terhadap manajemen

–          Evaluasi pengguna terhadap pegawai/pekerja yang merupakan lulusan Akper Pemkab Kotim

–          Evaluasi hasil publikasi riset

Evaluasi dampak kegiatan bakti masyarakat

Upaya Penjaminan Mutu yang saat ini diupayakan adalah : Pengurusan Alih Bina dari Kemenkes ke Kemendikbud RI serta upaya melaksanakan Akreditasi BAN-PT dengan mengajukan permohonan Akreditasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s