PRASARANA, SARANA dan SISTEM INFORMASI

Sarana dan prasarana yang diperlukan oleh Akper Pemkab Kotim untuk kelancaran proses meliputi:

  1. Gedung dan peralatannya:

1)    Lahan Tanah

2)    Ruangan Kantor Utama

3)    Ruangan Penyimpanan Alat dan Bahan Belajar

4)    Ruangan Laboratorium dan Pengembangan Praktikum

5)    Ruangan Pendukung Sistem Pengolahan dan Penyimpanan Data

6)    Ruangan Pendukung Sistem Penyampaian Informasi dan Komunikasi

7)    Ruangan Kelas

8)    Ruangan demonstrasi praktek dan akses internet Online

9)    Ruangan Penyampaian Informasi dan Komunikasi

10) Peralatan untuk mengembangkan minat, bakat dan potensi mahasiswa.

  1. Ruang Administrasi

Ruang administrasi yaitu ruang yang berfungsi untuk melaksanakan berbagai kegiatan kantor/administrasi. Ruang administrasi terdiri atas :

1)    Ruang pimpinan

2)    Ruang sekretariat/Pudir

3)    Ruang dosen

4)    Ruang tata usaha

  1. Ruang Penunjang

Ruang penunjang yaitu ruang yang berfungsi untuk menampung kegiatan yang mendukung kegiatan perkuliahan, antara lain :

1)    Ruang ibadah

2)    Ruang rapat

3)    Ruang olahraga

4)    Ruang kantin

5)    Ruang kegiatan mahasiswa

6)    Ruang Serbaguna

7)    Kamar mandi/ WC

8)    Ruang arsip

9)    Instalasi daya dan jasa

10) Wisma

11) Gudang

12) Rumah jabatan

Penyediaan sarana dan prasarana yang memadai menjadi salah satu perhatian dalam pengembangan Akper Pemkab Kotim ke depan. Pada saat ini semua sarana dan prasarana yang penggunaannya dikuasai oleh Akper Pemkab Kotim yang berasal dari sumbangan BPOM dan APBD. Jenis dan jumlah sarana dan prasarana yang ada dan dimanfaatkan oleh Akper Pemkab Kotim pada saat ini adalah sebagai berikut:

  1. Tanah, Gedung dan Bangunan

1)    Luas tanah : 5022 m2

2)    Bangunan, dengan uraian sebagai berikut :

a)    Gedung Laboratorium dan kelas (2 lantai)  :  220 m2

b)    Gedung kantor (2 lantai)                                 :  4200 m2

c)    Asrama                                                               :  150 m2

d)    Gedung kelas                                                   :  72 m2

e)    Gedung kelas                                                   :  162 m2

f)     Gedung kelas                                                   :  162 m2

g)    Rumah dinas                                                    :  126,5 m2

h)   Mushalla                                                            :  100 m2

i)     WC                                                                      :  12 m2

j)      Garasi                                                                 :  24 m2

  1. Kendaraan

Jumlah kendaraan Akper Pemkab Kotim saat ini yang layak dan tidak layak pakai sebagai berikut :

1)    Mobil operasional : 1 unit (dalam keadaan baik)

2)    Motor operasional : 3 unit (dalam keadaan baik)

  1. Peralatan Kantor

Meliputi peralatan utama yang diperlukan oleh pegawai Akper Pemkab Kotim untuk menunjang pelaksanaan kerja sehari-hari yang meliputi meja, kursi, computer, laptop, printer, fotocopy, AC dan peralatan kantor lainnya

Tabel 28

Data Prasarana Lain yang menunjang

No

Jenis Prasarana Penunjang

Jumlah unit

Total luas (m2)

Kepemilikan

Kondisi

Unit Pengelola

Sdr

Sewa

Terawat

Tidak

1

Laboratorium bahasa

1

1.050

ü

   

ü

Koordinator Lab

2

Laboratorium Keperawatan

1

1.050

ü

 

ü

 

Koordinator Lab

3

Perpustakaan Kampus

1

1.050

ü

 

ü

 

Koordinator Perpustakaan

 

  1. 1.    Sarana Pelaksanaan Kegiatan Akademik

Tabel 29

Kepustakaan yang dimiliki

Jenis Pustaka

Jumlah Judul

Jumlah Copy

Buku teks dan handbook

547

1.652

Modul Praktikum/Praktek

2

63

Jurnal yang terakreditasi oleh lembaga resmi (Dikti, LIPI, dll)

 
Jurnal internasional (termasuk e-book)    
Majalah Ilmiah

2

 
Prosiding

1

 

TOTAL

   

Sumber-sumber Pustaka lain yang biasa diakses oleh mahasiswa adalah Perpustakaan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur dan dari jaringan internet sendiri melalui koneksi WiFi.

 

 

Peralatan utama yang digunakan di laboratorium (tempat praktikum, bengkel, studio, ruang simulasi, rumah sakit, puskesmas/balai kesehatan, green house, lahan untuk pertanian, dan sejenisnya) yang dipergunakan dalam proses pembelajaran, terdapat dalam lampiran

  1. 2.    Sistem Informasi

Sistem informasi dan fasilitas yang digunakan untuk proses pembelajaran Data-data yang berkaitan dengan penyelenggaraan Akper Pemkab Kotim sebagian besar masih dikelola secara manual dan sebagian sudha mulai dikerjakan dengan komputerisasi. Berikut informasi tentang aksesibilitas tiap-tiap jenis data.

Tabel 30

Aksesibilitas tiap-tiap jenis data

No

Jenis Data

Sistem Pengelolaan Data

Secara Manual

Dengan Komputer Tanpa Jaringan

Dengan Komputer Jaringan Lokal (LAN)

Dengan Komputer Jaringan Luas (WAN)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

1

Mahasiswa

ü

2

Kartu Rencana Studi (KRS)

ü

3

Jadwal mata kuliah

ü

4

Nilai mata kuliah

ü

ü

5

Transkrip akademik

ü

ü

6

Lulusan

ü

7

Dosen

ü

8

Pegawai

ü

9

Keuangan

ü

10

Inventaris

ü

11

Perpustakaan

ü

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s