SUMBER DAYA MANUSIA

Input dan rekrutmen dosen tetap PNS pada prinsipnya dilakukan oleh Badan Kepegawaian, Pendidilkan dan Pelatihan (BKPP) Kotim berdasarkan usulan formasi dari Akper Pemkab Kotim melalui Dinas Kesehatan Kotim dan telaahan penempatan staff dosen di Akper Pemkab Kotim. Untuk dosen honorer rekrutmen dilakukan secara internal. Rekrutmen dosen tidak tetap biasanya dilakukan oleh masing-masing Koordinator Mata Kuliah berdasarkan bidang keahlian yang bersangkutan. Kemudian Direktur menyampaikan surat permohonan menjadi dosen tidak tetap. Jika yang bersangkutan bersedia maka dikeluarkan SK Direktur tentang Dosen Tetap dan Dosen Tidak Tetap tahun akademik berjalan. SK dosen tetap dan tidak tetap tahun akademik 2012/2013 terlampir di

Monitoring dan evaluasi kinerja dosen dilakukan melalui beberapa cara yaitu : 1) Evaluasi mahasiswa terhadap kinerja dosen dengan angket, 2) Evaluasi ketercapaian jumlah pertemuan sesuai SKS pada masing-masing MK oleh bagian evaluasi. Dosen dengan kinerja yang baik akan dipertahankan pada tahun ajaran selanjutnya sedangkan dosen yang dinilai kurang optimal maka akan dipertimbangkan untuk diganti pada tahun ajaran berikutnya.

Tabel 1

Daftar Dosen Tetap yang bekerja di Akper Pemkab Kotim

per Desember 2012

No

Nama Dosen Tetap

NIDN

Tanggal Lahir

Jabatan Akademik

Ser- Dos

Pendidikan

1

Agus Mulyadi 0323089.06 23 Agustus 1968 Direktur

S1 Keperawatan + S2 Spesialis Komunitas dari Universitas Indonesia Jakarta

2

Nande   8 Mei 1961 Pudir I

D-IV Keperawatan Anak dari Universitas Diponegoro Semarang

S2 Manajemen dari Universitas Darwan Ali Sampit

3

Zainul Hakim   18 Juli 1974 Pudir III

S1 Keperawatan dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta

4

Erni Zuraida   13 Desember 1970 BAAK

S1 Keperawatan + Ners dari Universitas Indonesia Jakarta

5

Kusnadi Jaya   12 Nopember 1979 Ur. Litbang

S1 Keperawatan + Ners dari Universitas Diponegoro Semarang

6

Ary Astuti   2 Februari 1983 Ur. Evaluasi

S1 Keperawatan + Ners dari STIKES Surya Mitra Husada Kediri

7

Nurul Hikmah   1 April 1985 Ur. Praktek Klinik

S1 Keperawatan + Ners dari Stikes Muhammadiyah Banjarmasin

8

Yuyun Christyanni   2 Januari 1984 Staf Dosen

S1 Keperawatan + Ners dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta

9

Faruk   1 Januari 1981 Staf Dosen

S1 Keperawatan + Ners dari STIKES Wira Husada Jogjakarta

10

Zikrillah   6 Juli 1974 Tugas Belajar

S1 Keperawatan + Ners dari Universitas Pajajaran Bandung

S2 Keperawatan Komunitasi Universitas Pajajaran Bandung

11

Rodianson Tuah   30 Juli 1974 Tugas Belajar

S1 Keperawatan + Ners dari Universitas Gajah Mada Jogjakarta

Tugas belajar S2 di Universitas Gajah Mada Jogjakarta

12

Masniah   27 Mei 1971 Staff Dosen

D-IV Kebidanan dari Universitas pajajaran Bandung

Akta IV dari Universitas Pajajaran Bandung

S2 Kebidanan dari Universitas Pajajaran Bandung

13

Nurul Fatimah Apriliani 11130481.01 13 April 1981 Staf Dosen

D-IV Bidan Pendidik dari Poltekkes Bandung

Sertifikasi PEKERTI dari Universitas Palangka Raya

14

Norhalida   29 Juli 1980 Staf Dosen

D-IV Bidan Pendidik di STIKES SARI MULYA Banjarmasin

15

Herlinawati   18 Januari 1964 Staf Dosen

Sarjana Pendidikan dari STKIP Muhammadiyah Sampit

Tabel  2

Tenaga Penunjang Kependidikan

Akper Pemkab Kotim per Desember 2012

No

Jenis Tenaga Kependidikan

Jumlah Tenaga dengan Pendidikan terakhir

Unit Kerja

Ket

D-III

D-II

D-I

SMA / SMK

1 Pustakawan

1

      Perpustakaan Saat ini dikelola oleh tenaga D-III Keperawatan yang dipekerjakan di Perpustakaan
2 Laboran/Teknisi

1

      Laboratorium Keperawatan Saat ini dikelola oleh tenaga D-III Keperawatan yang dipekerjakan di Laboratorium
3 Tenaga Administrasi

2

6

Tata Usaha 1 orang Perawat D-III sedang tugas belajar ke jenjang S1 Keperawatan untuk dijadikan dosen tetap.
4 Tenaga Kebersihan

2

Tata Usaha  
5 Satpam      

1

Tata Usaha  

TOTAL

4

9

Saat ini Akper Pemkab Kotim masih belum memiliki tenaga khusus kepustakaan dan laboran. Untuk mengatasinya maka staff yang memiliki pendidikan D-III Keperawatan didayagunakan untuk menjadi pengelola Perpustakaan dan Laboratorium Keperawatan. 1 orang staff D-III keperawatan lainnya sedang Tugas Belajar S1 Keperawatan dan 1 orang staff D-III Akuntansi saat ini ditugaskan sebagai Bendahara BLUD Akper Pemkab Kotim sekaligus Pembantu Bendahara APBD Dinas Kesehatan di Akper Pemkab Kotim. Adapun 6 orang tenaga administrasi lainnya adalah tenaga pindahan dari Dinas Kesehatan Kotim. 2 orang tenaga kebersihan Akper Pemkab Kotim bukan hanya bertugas untuk urusan kebersihan tetapi mencakup juga urusan kerumahtanggan secara umum, misalnya : perbaikan alat/barang yang rusak, pembelian barang ATK habis pakai, dll. Adapun upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas tenaga kependidikan adalah pengiriman studi observasi ke beberapa kampus di luar daerah untuk meningkatkan skill dan pemahaman tentang ketatausahaan dan administrasi.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s