TEKNIS ADMINISTRASI

  1. Persyaratan menjadi mahasiswa

 

  1. Umum
    1. Warga Negara Indonesia
    2. Dasar Pendidikan :

–          Lulusan SMA/SMU

–          Lulusan Madrasah Aliyah  (MA)

  1. Tinggi Badan : Laki-laki: 155 cm   dan Wanita : 150 cm
  2. Usia maksimal 24 tahun pada tahun ajaran baru tahun akademik dimuka
  3. Tidak Buta Warna
  4. Berbadan sehat
  5. Mengisi Formulir yang telah disediakan
  6. Pas Photo 4 x 6 (6 lembar)
  1. Seleksi regional (sebanyak 20%), dari alokasi yang diterima bagi calon mahasiswa yang berasal dari SMU wilayah :
    1. Kecamatan Antang Kalang, Kecamatan Mentaya Hulu : SMU Negeri I Kecamatan Mentaya Hulu
    2. Kecamatan Pulau Hanaut, Kecamatan Teluk Sampit : SMU Negeri I Samuda
    3. Kecamatan Bukit Santuai, dan Kecamatan Telawang. :SMU daerah lain yang berdekatan.
    4. Kecamatan Cempaga Hulu dan Kecamatan Parenggean : SMU berasal dari wilayah setempat

Dengan persyaratan tambahan yaitu :

  1. Photo copy kartu keluarga
  2. Surat keterangan berdomisili dari Kepala desa setempat dan diketahui oleh Bapak Camat masing-masing daerah.
  3. Mengisi Formulir yang telah disediakan
  4. Membuat surat pernyataan bersedia kembali ke daerah asal.

Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) tingkat institusi ditetapkan dengan SK Direktur Akper Pemkab Kotim dan bertanggung jawab kepada Menteri Kesehatan melalui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk memfasilitasi kelancaran proses penerimaan maka dibentuk Panitia Tingkat Provinsi yang diketuai oleh Kepala Bidang SDMK Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah.

B.     Alur proses pendidikan

  1. Calon mahasiswa dinyatakan lulus berdasarkan keputusan Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
  2. Calon yang dinyatakan lulus segera mendaftar ulang sesuai ketentuan dan melunasi biaya-biaya yang ditetapkan
  3. Mahasiswa baru yang sudah melakukan pendaftaran ulang melakukan kontrak program kepada dosen Pembimbing Akademik berdasarkan SK Direktur Akper Pemkab Kotim dengan mengisi Kartu Program Studi (KPS). Kontrak program ini dilakukan setiap awal semester sesuai ketentuan yang berlaku.
  4. Pembagian kelas
  5. Nomor Induk Mahasiswa ditetapkan dengan SK Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah
  6. Penetapan sebagai mahasiswa Akper Pemkab Kotim dengan SK Direktur yang diterbitkan setiap tahun akademik setelah mahasiswa melakukan kontrak program dan mengisi KPS.
  7. Setelah menyelesaikan masa studi maka dilakukan Ujian Akhir Program dengan berdasarkan SK Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah.
  8. Mahasiswa yang lulus Ujian Akhir Program dilakukan yudisium oleh Direktur Akper Pemkab Kotim
  9. Mahasiswa yang telah melakukan yudisium diusulkan memperoleh ijazah kepada Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.
  10. Setelah administrasi ijazah selesai maka dilakukan registrasi ijazah di Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.
  11. Pembuatan transkrip nilai oleh Bagian Administrasi Akademik
  12. Calon alumni melakukan pendaftaran ulang untuk mengikuti prosesi wisuda sebagai prosesi terakhir dalam kehidupan kampus. Dalam prosesi wisuda ini calon alumni dilantik sebagai Perawat Profesional Pemula dan dilakukan Pengambilan Sumpah/Janji.
  13. Setelah selesai prosesi wisuda dilakukan pembagian ijazah kepada alumni dan segera didaftarkan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotim sebagai Pencari Kerja dan kepada Ikatan Keluarga Alumni Akper Pemkab Kotim sebagai anggota.
  1. C.    Registrasi administratif

 Registrasi akademik dilakukan untuk memperoleh Kartu Tanda Mahasiswa. Adapun ketentuan registrasi akademik adalah sebagai berikut :

  1. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan menyerahkan kartu tanda peserta ujian.
  2. Menunjukkan ijazah/STTB asli
  3. Membayar biaya-biaya untuk semester yang berlaku.

Registrasi dilakukan di bagian administrasi akademik dan kemahasiswaan dengan menyerahkan persyaratan yang telah ditentukan. Sebagai bukti telah melakukan registrasi akademik, maka mahasiswa baru akan mendapatkan Kartu Rencana Studi/Kartu Program Studi dan kelengkapan lainnya.

Semua mahasiswa baru yang telah resmi terdaftar sebagai mahasiswa di Akper Pemkab Kotim diusulkan oleh Direktur kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah untuk ditetapkan sebagai mahasiswa baru di Akademi Keperawatan Pemkab Kotim.

Bagi mahasiswa lama persyaratan pendaftaran registrasi akademik adalah sebagai berikut :

  1. Membayar biaya-biaya yang dipersyaratkan
  2. Menunjukkan Kartu Mahasiswa terakhir
  3. Bagi mahasiswa yang sedang cuti akademik dengan izin Direktur Akper Pemkab Kotim, harus menunjukkan surat cuti akademik tersebut.
  4. Bagi mahasiswa yang menghentikan studi untuk sementara tanpa izin Direktur Akper Pemkab Kotim harus mengajukan permohonan untuk diterima kembali sebagai mahasiswa. surat permohonan tersebut diajukan kepada Direktur Akper Pemkab Kotim selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum pendaftaran dimulai.
  5. Bagi mahasiswa pindahan dari institusi lain harus menunjukkan surat dari Direktur Akper Pemkab Kotim yang menyatakan bahwa yang bersangkutan diterima sebagai mahasiswa pindahan di Akper Pemkab Kotim.
  1. D.    Registrasi akademik

 

Registrasi akademik adalah proses yang diselenggarakan untuk memberikan izin bagi mahasiswa untuk mengikuti proses belajar-mengajar/perkuliahan. Dalam registrasi akademik, mahasiswa wajib mengambil Kartu Program Studi, mengisi dan menandatanganinya bersama dosen wali (Pembimbing Akademik) dan menyerahkan kembali kepada bagian administrasi akademik dan kemahasiswaan.

  1. Ketentuan registrasi akademik bagi mahasiswa baru :
    1. Menyerahkan KPS kepada dosen PA untuk ditanda tangani
    2. Menyerahkan KPS yang telah ditandatangani kepada bagian administrasi akademik dan kemahasiswaan
    3. Ketentuan registrasi akademik bagi mahasiswa lama :
      1. Menyerahkan KPS dan Kartu Hasil Studi (KHS) ke dosen wali untuk ditanda tangani
      2. Menyerahkan KPS dan KRS yang telah ditanda tangani kepada bagian administrasi akademik dan kemahasiswaan.

Semua mahasiswa yang terdaftar pada setiap semester dibuatkan Surat Keputusan Peserta Didik oleh Direktur Akper Pemkab Kotim.

  1. E.     Pengenalan Program Studi

Pengenalan Program Studi (PPS) merupakan aktivitas sekitar orientasi studi dan pengenalan kampus yang dimaksudkan untuk :

  1. Mempersiapkan fisik dan mental, sosial dan kultural mahasiswa baru dalam memasuki kehidupan dan lingkungan perguruan tinggi
  2. Mengantar mahasiswa baru untuk mengenal dan menghayati :
    1. Kebijakan pemerintah di bidang kesehatan dan pendidikan
    2. Peran dan tanggung-jawab profesi kesehatan
    3. Pokok-pokok program pendidikan di Akper Pemkab Kotim
    4. Tri Dharma Perguruan Tinggi
    5.  Mendorong minat dan pengembangan bakat mahasiswa melalui apresiasi seni dan budaya, olah-raga dan karya nyata, serta pengelolaan fasilitas pendidikan.

Kegiatan PPS diselenggarakan di awal kalender akademik dibawah koordinasi Pudir I bidang Akademik dan Pudir III bidang kemahasiswaan. Kepanitiaan PPS ditetapkan dengan Surat Keputusan Direktur Akper Pemkab Kotim.

Mahasiswa yang tidak mengikuti atau belum lulus PPS wajib mengikuti pada tahun berikutnya.

  1. F.     Pakaian seragam

Laki-laki       :       Baju atas lengan pendek putih, celana panjang putih, sepatu putih, memakai lencana dan identitas kemahasiswaan

Perempuan   : Seragam putih rok terusan, sepatu putih, memakai sanggul dan kap putih lencana dan identitas kemahasiswaan. Jika menggunakan jilbab : kain putih polos, dipinggiran diberi pita 1 cm berwarna oranye.

Jas almamater berwarna coklat digunakan untuk kegiatan upacara dan kegiatan lain di luar lingkungan kampus.

  1. G.    Cuti akademik

Cuti akademik adalah masa istirahat dan kegiatan akademik/proses pembelajaran pada waktu tertentu selama mahasiswa mengikuti pendidikan di Akper Pemkab Kotim, dengan ketentuan :

  1. Diberikan kepada mahasiswa yang telah mengikuti pendidikan sekurang-kurangnya 1 (satu) semester
  2. Cuti akademik diberikan sepanjang 2 semester secara berurutan atau tidak.
  3. Jangka waktu cuti akademik diperhitungkan dalam batas waktu studi mahasiswa yang bersangkutan, kecuali cuti akademik karena tugas negara.
  4. Cuti akademik diberikan dengan alasan :
    1. Sakit hingga lebih dari satu bulan yang diperkuat dengan rekomendasi dokter.
    2. Tugas negara, dan surat tugas tersebut mendapat persetujuan dari Direktur Akper Pemkab Kotim.
    3. Hamil dan/atau melahirkan. Hal ini perlu didukung dengan rekomendasi dari dokter.
    4. Mahasiswa diwajibkan tetap membayar biaya pendidikan selama cuti akademik.
    5. Prosedur cuti akademik :
      1. Mahasiswa mengajukan permohonan tertulis kepada Direktur Akper Pemkab Kotim yang diketahui oleh dosen PA selambat-lambatnya 2 (dua) bulan sebelum dimulainya cuti akademik.
      2. Surat Persetujuan Cuti Akademik disiapkan oleh Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan serta ditandatangani oleh Direktur Akper Pemkab Kotim.

Setelah selesai menjalani cuti akademik, mahasiswa berkewajiban melapor kembali kepada Direktur Akper Pemkab Kotim untuk selanjutnya dibuatkan Surat Persetujuan Kuliah Kembali. Surat tersebut digunakan untuk registrasi akademik.

  1. H.    Pindah pendidikan

Perpindahan mahasiswa dari satu instansi diknakes ke institusi diknakes lain diperkenankan. Institusi yang dituju dapat berbeda status kepemilikan dan/atau berbeda strata akreditasi dari instansi asal/pengirim. Ketentuan mengenai pindah tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Perpindahan tersebut tidak berlangsung antara institusi diknakes dalam satu kota.
  2. Perpindahan terjadi karena alasan mengikuti kepindahan orang tua/wali atau kepindahan keluarga bagi mahasiswa tugas belajar.
  3. Perpindahan bukan karen putus pendidikan.
  4. Masih mengikuti pendidikan, minimal berada pada semester II dan maksimal semester V (perpindahan tidak diperkenankan berlangsung pada semester I dan VI).
  5. Mendapat persetujuan dari institusi asal.
  1. I.       Ijazah dan transkrip

Ijasah adalah surat berharga yang diberikan oleh institusi sesuai aturan yang berlaku bagi mahasiswa yang telah menyelesaian pendidikan dan dinyatakan lulus. Ijazah dikeluarkan oleh Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Kemenkes RI.

Transkrip adalah laporan hasil prestasi belajar mahasiswa yang dinyatakan dalam bentuk nilai dari tiap mata kuliah selama proses pembelajaran dan dikeluarkan secara resmi oleh institusi pendidikan serta ditandatangani oleh Direktur Akper Pemkab Kotim.

Sertifikat kompetensi adalah surat berharga yang diberikan oleh institusi bagi mahasiswa yang telah mencapai kompetensi yang diharapkan.

  1. J.      Yudisium

Yudisium adalah penetapan kelulusan akhir studi mahasiwa pada program D III Keperawatan. Predikat kelulusan terdiri dari tiga ( 3 ) tingkat, yaitu : memuaskan, sangat memuaskan, dan dengan pujian.

Ketentuan kelulusan adalah sebagai berikut :

  1. Lulus semua Mata Kuliah dalam beban studi kumulatif yang ditetapkan.
  2. Memiliki IPK sekurang-kurangnya lebih atau sama dengan 2,01.
  3. Tidak terdapat huruf mutu E
  4. Lulus Ujian Akhir Program dengan nilai lebih atau sama dengan 2,75.
  5. Telah menyusun KTI

IPK sebagai dasar penentuan predikat kelulusan program Diploma adalah

  1. IPK : 2,01 – 2,75 : memuaskan
  2. IPK : 2,76 – 3,50 : sangat memuaskan
  3. IPK : 3.51 – 4,00 : dengan pujian.

Pernyataan kelulusan ini dituangkan dalam Berita Acara Yudisium yang ditanda tangani oleh Pembantu Direktur I Bidang Akademik untuk selanjutnya dibuatkan Surat Keterangan Kelulusan. Kurat kelulusan tersebut selanjutkan disampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah untuk dibuatkan Surat Keputusan mahasiswa yang telah lulus pendidikan. SK ini merupakan salah satu dokumen untuk pengurusan registrasi ijazah.

K.    Wisuda

Wisuda merupakan pengakuan akademik terhadap para lulusan yang telah menyelesaikan pendidikannya. Wisuda diadakan paling sedikit 1 (satu) kali setahun yang diikuti oleh seluruh mahasiswa yang telah yudisium. Mahasiswa yang telah lulus (diwisuda) berhak menyandang gelar Ahli Madya Keperawatan.

Ketentuan pelaksanaan wisuda adalah sebagai berikut :

  1. Kepanitiaan wisuda ditetapkan oleh Direktur Akper Pemkab Kotim.
  2. Pelaksanaan wisuda mencakup kegiatan-kegiatan penyerahan ijazah (oleh Direktur Akper Pemkab Kotim), Pelantikan dan Pengambilan Sumpah oleh Pejabat YANG BERWENANG (dari Badan PPSDM Kesehatan/Dinas Kesehatan Provinsi) atas nama Menteri Kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s