VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN AKPER PEMKAB KOTIM

A.   Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Program Studi

Visi dan misi disusun melalui rapat internal dengan mengacu pada tujuan awal dibukanya program D-III Keperawatan di Sampit dan Statuta Akper Pemkab Kotim sendiri. Visi ini juga mengacu pada Visi, Misi, serta Rencana Strategis Dinas Kesehatan serta Visi, Misi dan Rencana Strategis Kotawaringin Timur. Sejak berdirinya, Akper Pemkab Kotim hanya memiliki satu program studi, karena itu visi dan misi program studi akan sama dengan visi dan misi pengelola program studi.

Visi Akper Pemkab Kotim adalah : “Terwujudnya Akper Pemkab Kotim sebagai pusat pendidikan dan pengembangan ilmu keperawatan yang kompetitif”.

Pengertian atas visi tersebut adalah :

 Akper Pemkab Kotim :

Yang dimaksud Akper Pemkab Kotim adalah unit pengelola pendidikan Diploma III Keperawatan milik Pemerintah Daerah yang merupakan ikon kebanggan Kotawaringin Timur, yang memiliki kepekaan tinggi terhadap segala bentuk dinamika perubahan yang terjadi di dalam maupun di luar institusi.

Sejalan dengan motto Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu Bergerak Cepat Membangun Kotim maka dengan eksistensinya Akper Pemkab Kotim berupaya memenuhi kekurangan tenaga kesehatan dan mengupayakan meratanya distribusi tenaga kesehatan melalui kebijakan seleksi jalur regional. Seleksi jalur regional adalah kebijakan untuk memberikan alokasi bagi lulusan SLTA di beberapa Kecamatan yang kekurangan tenaga kesehatan dan terpencil secara proporsional sehingga diharapkan setelah lulus nanti mereka langsung kembali ke daerahnya dan bisa bertahan lama melakukan pelayanan kesehatan.

Pusat Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Keperawatan :

Yang dimaksud dengan Pusat Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Keperawatan adalah keinginan Akper Pemkab Kotim menjadi satu-satunya penyelenggara pendidikan Keperawatan di Kotawaringin Timur yang dapat diandalkan untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan dan tantangan bidang kesehatan umumnya dan bidang keperawatan khususnya.

Sejalan dengan hal ini Akper Pemkab Kotim berupaya mengembangkan diri untuk dapat menyelenggarakan pendidikan program khusus sehingga semua perawat yang bekerja di Kotawaringin Timur minimal memiliki latar belakang pendidikan D-III Keperawatan, dan seiring dengan semakin berkembangnya organisasi diharapkan dapat ditingkatkan menjadi STIKES yang menyelenggarakan Program Studi S1 Keperawatan.

Adapun sebagai wadah pengembangan keperawatan maksudnya adalah menjadikan Akper Pemkab Kotim sebagai wadah menanamkan kecintaan dan pemahaman terhadap perkembangan profesi terkini, misalnya dengan menggali keunggulan-keunggulan lokal yang dapat dijadikan penunjang dalam melakukan praktek keperawatan. Yang sudah dikembangkan saat ini adalah melatih mahasiswa menggunakan herbal yang dapat ditemukan di sekitar, mempelajari manajemen penanggulangan bencana dan dasar-dasar satuan penanggulangan bencana (SATGANA) sehingga mahasiswa dan lulusan Akper Pemkab Kotim bisa terintegrasi dalam penanggulangan bencana, serta mensinergikan pembelajaran kegawat daruratan dengan trend penatalaksanaan kegawatdaruratan yang sedang dikembangkan oleh RSUD dr. Murjani Sampit.

Kompetitif :

Yang dimaksud kompetitif adalah kemampuan untuk bersaing dan diakui oleh pemangku kepentingan dan pengguna lulusan. Lulusan yang kompetitif juga bermakna kemampuan lulusan untuk memiliki prestasi kerja dan penghargaan-penghargaan berupa pengembangan diri dan karir. Termasuk juga kemampuan berprestasi setelah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar daerahnya sendiri.

Adapun misi Akper Pemkab Kotim adalah :

  1. Menghasilkan sumber daya kesehatan yang pembelajar, bermoral dan terampil.
  2. Mengembangkan pendidikan keperawatan dengan keunggulan teknologi keperawatan komunitas.
  3. Menyelenggarakan pengelolaan Akper secara profesional, demokratis, transparan dan akuntabel.
  4. Membangun budaya riset guna memecahkan masalah kesehatan khususnya di bidang keperawatan
  5. Meningkatkan pengabdian masyarakat sebagai pengamalan ilmu melalui pelayanan keperawatan/kesehatan secara terintegrasi.

Mengacu pada visi dan misi diatas maka Akper Pemkab Kotim menetapkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam pengelolaan Pendidikan D-III Keperawatan, antara lain :

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan perawat profesional pemula yang kompeten dalam :
    1. Memberikan asuhan keperawatan sesuai dengan kewenangannya.
    2. Menerapkan prinsip manajemen asuhan keperawatan.
    3. Berperan serta dalam penelitian keperawatan dan menggunakan hasil penelitian dalam asuhan keperawatan.
    4. Mengembangkan kemampuan profesional secara terus menerus
    5. Mewujudkan terlaksananya penelitian dan pengembangan yang relevan dengan pengembangan ilmu keperawatan guna meningkatkan derajad kesehatan masyarakat sebagai bentuk pengabdian dan pengamalan ilmu.
    6. Mewujudkan sistem penyelenggaraan manajemen pendidikan berdasarkan prinsip-prinsip Good University Governance (GUG).
    7. Menjadi anggota masyarakat yang kreatif dan produktif, bersikap tanggap dan terbuka terhadap perubahan serta kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi keperawatan serta mampu mendidik dan mengajak masyarakat untuk bersikap ke arah yang sama.
    8. Menjalin kerjasama di berbagai bidang untuk meningkatkan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi.
    9. Ikut serta meningkatkan perilaku sehat pada masyarakat pedesaan yang memiliki masalah kesehatan yang kompleks.

Adapun sasaransasaran yang ingin dicapai  yaitu :

  1. Pengembangan program akademik :
  1. Penataan kurikulum yang disesuaikan dengan kurikulum nasional dan kebutuhan pengguna serta trend terbaru dunia keperawatan.
  2. Meningkatkan kerja sama dengan  rumah sakit dan klinik baik milik swasta dan pemerintah daerah yang dituangkan dalam perjanjian kerjasama
  3. Peningkatan kapasitas SDM melalui kursus-kursus, pelatihan-pelatihan dan Tugas Belajar bagi dosen.
  4. Spesialisasi kemampuan dosen dan pengelompokan dalam divisi-divisi peminatan tertentu berdasarkan ranah keilmuan yang serumpun.
  5. Peningkatan jumlah dan kualifikasi staf pengajar/dosen
  6. Peningkatan upaya registrasi dan sertifikasi dosen
  7. Mensponsori kegiatan penelitian dosen tetap
  8. Melakukan publikasi hasil penelitian dosen melalui media
  9. Melakukan kerjasama publikasi hasil penelitian melalui jurnal riset di lembaga pendidikan yang sudah terakreditasi
  10. Menetapkan model-model pelaksanaan kegiatan bakti masyarakat yang terintegrasi dalam kalender akademik.
  11. Pembentukan tim bakti masyarakat sesuai divisi peminatan
  12. Pembentukan Bursa Kerja Khusus bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan pengembangan jejaring alumni
  13. Perjanjian kerjasama dengan RS dan puskesmas jejaring Akper
  14. Perluasan lahan praktik ke RS tipe A/RS Pendidikan
  1. Meningkatkan kualitas  dan kuantitas penelitian 
  1. Meningkatkan kinerja unit pengabdian masyarakat
  1. Meningkatkan kerja sama dengan lintas sektor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s